Pragmatika adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari hubungan antara konteks dan makna. Ilmu ini mempelajari bagaimana penyampaian makna tidak hanya bergantung pada pengetahuan linguistik (tata bahasa, leksikon,
dll) dari pembicara dan pendengar, tapi juga dari konteks penuturan,
pengetahuan tentang status para pihak yang terlibat dalam pembicaraan,
maksud tersirat dari pembicara.
Sumber Kajian Pragmatik
Sebagai disiplin ilmu, Pragmatika juga bersumber pada beberapa ilmu yang lainnya, antara lain:[1]- Filsahah Kebahasaan: mempelajari bahasa dari sudut pandang suatu ungkapan atau ujaran yang dituturkan
- Sosiolinguistik:mempelajari bahasa dari sudut pandang tujuan dan situasi pemakaiannya di dalam masyarakat
- Antropologi:mempelajari bahasa dari sudut pandang asal-usul suatu bahasa yang digunakan
- Etnografi Bahasa:mempelajari bahasa dari sudut pandang sosiolingustik dimana serta kapan bahasa tersebut digunakan dalam berkomunikasi
- Lingusitik:mempelajari bahasa dari sudut pandang struktur bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi
Variasi Bahasa
Dalam mempelajari ilmu Pragmatika, berbagai bahasa mempunyai ragam bahasa/variasi bahasa yang selalu menyesuaikan dengan konteks dan keadaan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi variasi suatu bahasa, antara lain:[2]
- Faktor geografis: mempelajari di daerah mana bahasa itu dipakai
- Faktor kemasyrakatan: mempelajari siapa yang memakai bahasa dan bagaimana latar belakang masayrakat yang memakai bahasa
- Faktor situasi berbahasa: mempelajari situasi pengguna bahasa, tempat penggunaan bahasa, dan tema yang diperbincangkan
- Faktor waktu:mempejari kurun waktu suatu bahasa yang dipergunakan
Macam Tindak Bahasa
Austin memisahkan 3 macam tindak bahasa yang terjadi yaitu :[7]- Tindak lokusi yang mengaitkan suatu topik dengan suatu keterangan dalam ungkapan.
- Tindak ilokusi yaitu pengucapan suatu pernyataan, pertanyaan, penawaran, janji, dsb.
- Tindak perlokusi yaitu hasil atau efek yang dihasilkan oleh suatu ungkapan yang sesuai situasi dan susana.
Alasan
Alasan pemunculan pragmatik dalam kurikulum 1984 bervariasi :- Praktik, kemampuan/keterampilan bahasa siswa masih kurang; bahasanya berbelit-belit dan banyak didominasi oleh bahasa daerah.
- Karena penggunaan bahasa Indonesia siswa belum baik, maka siswa masih perlu banyak belajar menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar; (3) pencapaian hasil pelajaran bahasa Indonesia belum memuaskan.
- Pragmatik melengkapi pelajaran bahasa Indonesia secara utuh.
- Pragmatik menunjang pencapaian tujuan pelajaran bahasa Indonesia dan selalu ada dalam pergaulan hidup sehari-hari.
- Pragmatik tidak terlalu kentara dalam pokok-pokok bahasan lain dalam pelajaran bahasa Indonesia.
- Alasan perkembangan bahasa.[8]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar